Dukung Perluasan Jaringan 5G, Mitratel (MTEL) Perbanyak Menara di Luar Pulau Jawa

PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau Mitratel (MTEL) akan memperbanyak menara untuk mendukung perluasan jaringan 5G di Indonesia. Pengembangan menara terutama dilakukan di luar Pulau Jawa.

Direktur Investasi Mitratel, Hendra Purnama, mengatakan hingga saat ini setidaknya 58 persen tower berada di Luar Pulau Jawa. Untuk itu, perseroan akan memperbanyak tower di luar Pulau Jawa agar jaringan 5G dapat merata ke seluruh Indonesia.

“Karena sekarang semakin banyak pengguna mobile, baik di Jawa maupun luar Jawa, Kami berencana untuk memperluas jaringan 5G dengan memperbanyak menara,” ujar Hendra dalam MNC Invesment Forum secara virtual, Selasa (15/3/2022).

Menurut dia, MTEL sudah selesai mengakuisisi 9.000 menara untuk perluasan jaringan 5G di Indonesia, pada 2021. “Tidak hanya dengan telkom, tapi juga dengan perusahaan publik lain di Indonesia,” kata Hendra.

Seiring dengan akuisisi dan pengembangan yang dilakukan, Hendra mengatakan, Mitratel berharap menjadi perusahaan infrastruktur digital terbesar di Indonesia pada 2022.

“Sekarang, sekitar 80 persen menara kami adalah menara besar, yang modelnya 50 meter, yang kami sebut menara makro,” kata Hendra.

Selain itu perusahaan juga akan mengembangkan 20 menara mikro pada tahun 2022 yang ukurannya kurang dari 30 meter. “Ini untuk menghasilkan sinyal 5G yang lebih baik dan merata ke seluruh Indonesia,” ungkap Hendra.

Selain itu kedepan MTEL juga akan mengembangkan menara dengan memasang panel surya untuk juga dapat menyerap sinar matahari dan menghasilkan listrik sendiri.

“Kami mencari peluang untuk panel surya untuk menambah pendapatan Kemudian menambahkan dan menambah ekonomi,” tutur Hendra.

sumber : https://www.inews.id/finance/bisnis/dukung-perluasan-jaringan-5g-mitratel-mtel-perbanyak-menara-di-luar-pulau-jawa



Related:
Chat Whatsapp